Logo Perak Peduli Rakyat

Selamat Hari Pahlawan 10 November 2017

Hosting Unlimited Indonesia

Festival Napak Tilas Purbakala Dorong Pariwisata Di Lampung Timur

SUKADANA-LAMTIM, (PERAKNEW).- Guna lebih mempromosikan Taman Purbakala Pugung Raharjo sebagai salah satu destinasi wisata, Pemerintah Kabupaten Lampung Timur menggelar Festival Napak Tilas Purbakala yang juga merupakan salah satu Rangkaian dari Even Kalender Wisata 2017 di Taman Purbakala Pugung Raharjo Sekampung Udik, Sabtu (28/10/2017).

Kegiatan Festival Napak Tilas Purbakala 2017 meliputi beberapa even kegiatan seperti Napak Tilas/Hiking, Pagelaran Tari Kolosal, Lomba Mewarnai, Lomba Fotografi, dan Ikrar Sumpah Pemuda serta Pelepasan Balon Merah Putih.

Berdasarkan penilaian para peneliti, situs Taman Purbakala Pugung Raharjo merupakan peninggalan masa Megalitikum atau 2.500 Sebelum Masehi. Situs Taman Purbakala Pugung Raharjo tergolong sangat unik, situs ini juga merupakan bukti tingginya kebudayaan dan teknologi yang dimiliki oleh para leluhur pada masa lampau.

Menurut Kabag Humas Pemda Lamtim,  Muji, bahwa digelarnya Festival Napak Tilas Taman Purbakala bertepatan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda juga dimaksudkan untuk menarik minat generasi muda agar kembali mencintai keagungan warisan budaya leluhur. Festival ini diharapkan dapat menjadi media dan ruang ekspresi bagi generasi muda dan sebagai media aktualisasi potensi diri, sekaligus sarana promosi mengenalkan warisan budaya daerah, khususnya Taman Purbakala Pugung Raharjo.

Hadir pada Festival Napak Tilas 2017 antara lain, Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim yang diwakili oleh Kepala Bappeda Lamtim Puji Riyanto, Gubernur Lampung yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung Sulfakar, Pabung 0411/LT Mayor Joko Subroto, serta Jajaran Pemerintah Kabupaten Lampung Timur, Forkopimda dan Forkopimcam Sekampung Udik.

Pada kegiatan napak tilas yang diikuti oleh berbagai peserta dari unsur sekolah, komunitas, pramuka, tersebut Kadis Pendidikan Provinsi mengatakan, bahwa Festival Napak Tilas Taman Purbakala merupakan festival yang pertama diadakan di Provinsi Lampung yang diharapkan mampu meningkatkan sektor kepariwisataan.

“Dengan adanya festival ini saya berharap dapat meningkatkan sektor kepariwisataan yang ada di Kabupaten Lampung Timur, yang juga selaras dengan program kepariwisataan Provinsi Lampung," harap Sulfakar saat sebelum melepas peserta Napak Tilas Taman Purbakala Pugung Raharjo.

(Wanda)

Add comment


Security code
Refresh

KESEHATAN

Gebyar Peduli Donor Darah VII Milad FMP, Media Perak dan…

Gebyar Peduli Donor Darah VII Milad FMP Media Perak Dan Forajal Sumbang 116 Labu Darah

PANTURA-SUBANG, (PERAKNEW).- Kamis 12 Oktober 2017 dalam rangka menyambut Milad Forum...

Tim Posko FMP Pantura II Kembali Dampingi Pasien di RSHS…

Tim Posko FMP Pantura II Kembali Dampingi Pasien Di RSHS Bandung

SUBANG, (PERAKNEW).- Pendampingan Pasien Tim Evakuasi Pasien Gakin (TEPG) kali...

Ape Penderita Tumor Berhasil Dioperasi

Ape Pasien Keluarga Miskin Subang

  SUBANG, (PERAK).-  Dengan difasilitasi Unit Siaga Gratis Forum Masyarakat Peduli...

Nasib Malang Mohamad Yusup

Berita Subang

SUBANG, (PERAKNEW).- Nasib Malang Mohamad Yusup. Warga Desa Bongas Rt...

Dendi Ternyata Bukan Penderita Tumor Ganas

Pasien Keluarga Miskin Subang

BANDUNG, (PERAKNEW ).- Masih ingat dengan Dendi Setiawan (18)? seorang...

Pasien Gakin Subang Tidur Di Jalanan, Mana Janjimu?

Pasien Gakin Subang Tidur Di Jalanan Mana Janjimu

  SUBANG, (PERAKNEW).- Sampai kapan pasien tidur di jalanan? jika masa tunggu...