Logo Perak Peduli Rakyat

Selamat Hari Pahlawan 10 November 2017

Hosting Unlimited Indonesia

PT Hansoll Hyun Bangkrut Ratusan Karyawan Dirumahkan
PURWADADI-SUBANG, (PERAKNEW),- Riuh sorak sorai ratusan buruh pabrik PT Hansolll Hyun mewarnai aksi unjuk rasa didepan halaman office perusahaan, Jum'at, 24/03/2017, mereka kembali melakukan aksi tersebut lantaran kecewa karena gaji mereka tak kunjung dibayarkan oleh pihak perusahaan.

Aksi tersebut adalah yang kedua kalinya dilakukan oleh para buruh, karena sebelumnya pihak manajemen PT Hansoll Hyun telah berjanji akan membayarkan gaji karyawan pada tanggal 24/03/2017, namun janji tersebut tidak dapat dipenuhi oleh pihak manajemen dengan alasan uang untuk membayar gajinya itu belum tersedia karena perusahaan dalam kondisi krisis, mendengar penjelasan seperti itu buruh tidak terima kemudian mereka mulai melakukan aksi damai menuntut agar gaji mereka dibayarkan dan sesekali terdengar seruan dari karyawan yang setengah emosi " bayar, bayar, bayar, huuuuuuuuuuuuu" seruan karyawan.

Terlihat juga beberapa karyawan meneteskan airmatanya lantaran kebingungan harus berbuat apa sedangkan kebutuhan hidup mereka harus selalu dipenuhi, beberapa upaya dilakukan oleh pihak management, mereka mengadakan rapat antara pihak management , buruh, dan serikat pekerja.

Rapat tersebut dihadiri oleh beberapa elemen diantaranya, Kapolsek Purwadadi Supratman dan jajarannya, Danramil Purwadadi Alexgro dan jajarannya, juga terlihat dari Dinas Tenaga kerja serta perwakilan dari para pekerja.

Dalam rapat tersebut beberapa upaya dilakukan agar pihak perusahaan mau menbayarkan gaji karyawan, namun tetap saja perusahaaan tidak mampu membayarkan gaji tersebut, hingga akhirnya perusahaan tersebut dinyatakan bangkrut. Para buruh pun hanya menerima uang Rp200 ribu.

Kepala Seksi Pengawasan Norma K3 H. Indra Suparman, S.H. menerangkan dan menyatakan bahwa karyawan tidak perlu khawatir karena perusahaantersebut akan dilelang dan hak hak karyawan akan dibayarkan.”

Tapi ini akan kita sidangkan dulu di pengadilan niaga setelah itu dilelang, semua data data telah kami sita termasuk pasport dan vita atas nama Kim Daek Hyun pemilik perusahaan, jadi kita berharap agar proses persidanganya tidak berjalan lama,” ungkap Indra. Untuk diketahui bersama, Indra pun mengungkapkan bahwa nilai total asset pabrik PT Hansoll Hyun adalah senilai jutaan dolar AS.

Ketua Serikat Pekerja Nasional (SPN) Kab Subang Utama Kartadirija juga menenangkan karyawan untuk jangan takut.
“Pabrik ini sudah jadi milik kita semua aset perusahaan ini sakarang milik kita, karena semua berkas dan aset aset perusahaan ini sekarang sudah ditangan kita, jadi jaga baik baik aset milik kita ini agar mempunyai nilai jual yang cukup lumayan" ujar Utam.

Untuk mencegah hal hal yang tidak diinginkan, beberapa karyawan disiagakan untuk berjaga disekitar pabrik siang dan malam secara bergantian. Namun sayangnya, kabar terakhir yang diterima Perak dari keterangan HRD Deni Agus menyatakan kalau pihak Disnaker tidak mau menyita paspor tersebut, dengan alasan bukan kewenangannya, akhirnya Sabtu sore (4/1/2017) Kim Daek Hyun, pemilik PT Hansool Hyun pulang ke korea dengan alasan ibunya meninggal dunia. (bersambung) A Firdaus

Add comment


Security code
Refresh

KESEHATAN

Gebyar Peduli Donor Darah VII Milad FMP, Media Perak dan…

Gebyar Peduli Donor Darah VII Milad FMP Media Perak Dan Forajal Sumbang 116 Labu Darah

PANTURA-SUBANG, (PERAKNEW).- Kamis 12 Oktober 2017 dalam rangka menyambut Milad Forum...

Tim Posko FMP Pantura II Kembali Dampingi Pasien di RSHS…

Tim Posko FMP Pantura II Kembali Dampingi Pasien Di RSHS Bandung

SUBANG, (PERAKNEW).- Pendampingan Pasien Tim Evakuasi Pasien Gakin (TEPG) kali...

Ape Penderita Tumor Berhasil Dioperasi

Ape Pasien Keluarga Miskin Subang

  SUBANG, (PERAK).-  Dengan difasilitasi Unit Siaga Gratis Forum Masyarakat Peduli...

Nasib Malang Mohamad Yusup

Berita Subang

SUBANG, (PERAKNEW).- Nasib Malang Mohamad Yusup. Warga Desa Bongas Rt...

Dendi Ternyata Bukan Penderita Tumor Ganas

Pasien Keluarga Miskin Subang

BANDUNG, (PERAKNEW ).- Masih ingat dengan Dendi Setiawan (18)? seorang...

Pasien Gakin Subang Tidur Di Jalanan, Mana Janjimu?

Pasien Gakin Subang Tidur Di Jalanan Mana Janjimu

  SUBANG, (PERAKNEW).- Sampai kapan pasien tidur di jalanan? jika masa tunggu...