Logo Perak Peduli Rakyat

Selamat Hari Pahlawan 10 November 2017

Hosting Unlimited Indonesia

HUT ke-246 Pemkab Gianyar Serahkan Penghargaan SWK dan PSB
GIANYAR-BALI, (PERAKNEW). Sebanyak 21 orang seniman menerima Penghargaan Seni Wija Kusuma (SWK) dari pemerintah Kabupaten Gianyar pada rangkaian peringatan HUT ke - 246 Kota Gianyar di Balai Budaya Gianyar, (25/4). Namun berbeda dari tahun sebelumnya, disamping pemberian penghargaan SWK, tahun ini untuk pertama kalinya diberikan penghargaan Parama Satya Budaya (PSB) kepada 3 orang tokoh masyarakat.

Seperti dijelaskan Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Gianyar, IGN Ngurah Wijana, penghargaan PSB adalah penghargaan tertinggi yang diserahkan untuk pertama kalinya oleh Pemerintah Kabupaten Gianyar kepada seniman, pelaku seni dan tokoh masyarakat.

Penghargaan PSB diberikan kepada Drs. I Wayan Geria (maestro bidang kebudayaan), Prof.Dr. I Made Bandem,MA (maestro bidang seni musik/karawitan), dan Prof.Dr. I Wayan Dibia,SST.MA (maestro bidang seni tari).  Mereka ini mendapat penghargaan PSB, karena telah terbukti berkontribusi terhadap penggalian, penelitian, pembinaan, pengembangan dan pelestarian seni dan budaya berkelanjutan di Kabupaten Gianyar.

Ketiga maestro tersebut juga dianggap telah layak memenuhi kriteri sebagai penerima penghargaan PSB, seperti memiliki kompetensi atau keahlian dibidangnya baik seni maupun budaya serta mampu menghadapi berbagai perubahan yang mungkin terjadi dalam melaksanakan profesinya. Memiliki prestasi yang luar biasa yang dibuktikan dengan hasil karya baik cipta  dan gagasan yang diakui kualitasnya oleh masyarakat dan membawa pengaruh yang luas. Mempunyai dedikasi, rasa pengabdian dan komitmen yang kuat untuk melaksanakan profesinya. Mendapat pengakuan secara luas dimasyarakat atas keberhasilannya dibidang profesi yang dijalaninya. Dan mereka itu memiliki integritas rasa tanggungjawab moral, kematangan sikaf mental dalam menjalankan profesinya.

“Penghargaan PSB tahun ini untuk pertama kalinya diberikan, disamping penghargaan Seni Wija Kususma, tahun depan penghargaan tertinggi dibidang seni dan budaya ini akan rutin diberikan. Sementara itu untuk penghargaan Seni  Wija Kusuma, tahun ini ada 21 orang seniman se- Kabupaten Gianyar. Dari hasil yang dilakukan oleh tim seleksi, diputuskan penghargaan di berikan sesuai dengan bidan seni,” jelas IGN Wijana.

Sementara itu Bupati Gianyar, seusai menyerahkan penghargaan pada para seniman tersebut  mengatakan penghargaan SWK maupun PSB merupakan wujud apresiasi pemerintah Kabupaten Gianyar kepada para seniman dalam upaya mereka melestarikan seni budaya dan telah menunjukan darma bhaktinya kepada pemerintah, masyarakat dan seni itu sendiri.  Dan kepada ketiga maestro penerima Penghargaan PSB, Bupati Agung Bharata juga mengucapkan banyak terima kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya, karena mereka telah mendarma bhaktikan karya dan pengetahuannya bagi pengembangan dan pelestarian seni budaya Bali serta kemajuan peradaban baik tingkat lokal, nasional maupun internasional. Tim

Add comment


Security code
Refresh

KESEHATAN

Gebyar Peduli Donor Darah VII Milad FMP, Media Perak dan…

Gebyar Peduli Donor Darah VII Milad FMP Media Perak Dan Forajal Sumbang 116 Labu Darah

PANTURA-SUBANG, (PERAKNEW).- Kamis 12 Oktober 2017 dalam rangka menyambut Milad Forum...

Tim Posko FMP Pantura II Kembali Dampingi Pasien di RSHS…

Tim Posko FMP Pantura II Kembali Dampingi Pasien Di RSHS Bandung

SUBANG, (PERAKNEW).- Pendampingan Pasien Tim Evakuasi Pasien Gakin (TEPG) kali...

Ape Penderita Tumor Berhasil Dioperasi

Ape Pasien Keluarga Miskin Subang

  SUBANG, (PERAK).-  Dengan difasilitasi Unit Siaga Gratis Forum Masyarakat Peduli...

Nasib Malang Mohamad Yusup

Berita Subang

SUBANG, (PERAKNEW).- Nasib Malang Mohamad Yusup. Warga Desa Bongas Rt...

Dendi Ternyata Bukan Penderita Tumor Ganas

Pasien Keluarga Miskin Subang

BANDUNG, (PERAKNEW ).- Masih ingat dengan Dendi Setiawan (18)? seorang...

Pasien Gakin Subang Tidur Di Jalanan, Mana Janjimu?

Pasien Gakin Subang Tidur Di Jalanan Mana Janjimu

  SUBANG, (PERAKNEW).- Sampai kapan pasien tidur di jalanan? jika masa tunggu...